Senin, 29 November 2010

Kompetisi Mabarung Gong di Luar Bali Meriah

Musik etnik Bali atau mabarung gong ternyata banyak digemari di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI). Bahkan, di sana sempat digelar kompetisi untuk menguji mahasiswa memainkan mabarung gong. Ini adalah kompetisi pertama yang dilakukan di luar Bali.

Mabarung gong sebenarnya merupakan musik tradisional khas Bali yang sudah berkembang lama di Pulau Dewata. Namun, karena dianggap dinamis dan menyajikan harmoni musik yang indah, musik ini pun digemari dan berkembang pesat di luar Bali.

Buktinya, sejak beberapa tahun terakhir, mubarung gong dipelajari dan dimainkan di ISI. Tak hanya kampus Solo, musik tersebut juga dipelajari di ISI Yogyakarta, ISI Semarang, dan ISI Denpasar.

Lomba kali ini sengaja digelar di luar Bali untuk lebih memperkenalkan musik tersebut. Selain penampilan kelompok mabarung gong, musik etnik lagu daerah lain juga turut memeriahkan kompetisi. Tak heran bila suara gamelan jawa, degung khas Sunda dan musik etnis Makassar, Sulawesi Selatan, juga ikut terdengar.

Penampilan berbagai kelompok musik etnis diharapkan bisa menambah wawasan musik masyarakat. Selain itu juga menambah kecintaan terhadap budaya Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar