Jumat, 16 April 2010

Twitter Dapat Prediksi Pendapatan Film

Melalui media jejaring sosial Twitter, kita dapat memprediksi pendapatan film di masa depan. Demikian dikatakan ilmuwan komputer di Hewlett Packard, Bernardo Huberman. Setelah mempelajari lebih dari tiga juta pesan (tweets) yang terhubung dengan 25 film, ternyata itu dapat digunakan untuk memprediksi pendapatan box-office secara akurat sebelum film itu ditayangkan.

Analisis lebih lanjut dari sisi konten bahkan juga bisa memprediksi kesuksesan. Sistem yang digunakan para peneliti memperkirakan film zombie The Crazies akan memperoleh 16,8 juta dolar AS di akhir pekan pertama di Amerika Serikat. Kenyataannya, film itu memperoleh 16.06 juta dolar--nyaris akurat, dan masih banyak prediksi film lainnya yang mendekati akurat.

"Kami mengembangkan algoritma untuk menganalisis tweets dan mengukur tingkat tempat mereka diproduksi," kata Dr. Huberman. "Intuisi kami berasal dari tweets mereka. Dengan begitu, semakin besar kemungkinan mereka untuk pergi dan menontonnya." Menurut laporan yang dipublikasi di situs arvix mengatakan demografis Twitter adalah orang-orang yang berjiwa muda, mengerti teknologi, dan cukup kaya.

Demografi tersebut mungkin dapat membatasi utilitas sistem untuk analisis beberapa hal, seperti memprediksi film anak. Namun, Dr. Huberman menyakini bahwa Twitter bisa meramalkan tren lain, seperti prediksi gadget atau produk yang akan dijual.(Xinhua/YUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar