Jumat, 16 April 2010

Internet Cepat "Bahagiakan" Pembajak

Koneksi internet yang lamban memang sangat menjengkelkan. Namun koneksi internet cepat juga memiliki sisi negatif. Pasalnya, hal itu akan memberikan angin segar kepada para pembajak yang semakin leluasa mengunduh lagu dan film secara ilegal. Demikian survei yang dilakukan oleh MoneySupermarket baru-baru ini. Layanan broadband generasi mendatang diprediksi akan mendorong pembajakan besar-besaran lantaran akan lebih cepat mengunduh konten-konten ilegal.

Sebanyak 18 persen pengguna internet sebelumnya mengunduh musik, film, permainan, perangkat lunak, atau program televisi secara ilegal. Sementara lebih dari sepertiganya diyakini menggunakan internet dengan kecepatan tinggi. "Mengunduh secara ilegal memang telah menjadi masalah besar bagi orang-orang di industri musik dan film," kata Mike Wilson, manajer broadband di MoneySupermarket. "Dengan paket broadband super cepat, nampaknya masalah ini akan bertambah buruk."

Perusahaan ini juga meningkatkan kekhawatiranya pada UU Ekonomi Digital baru yang telah disahkan minggu lalu. UU itu bisa disalahgunakan oleh para penipu yang ingin memanfaatkan kesempatan. Caranya ialah, para penipu akan memberikan surat peringatan kepada rumah pengguna internet, untuk meminta uang denda karena telah mengunduh konten secara ilegal. Wah-wah teknologi memang seperti pedang bermata dua, di satu sisi menguntungan di sisi lainnya dapat berdampak negatif. (Telegraph/AST/AYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar