Sabtu, 12 Februari 2011

Implementasi Jarkom



JARKOM atau yang disebut juga dengan Jaringan komputer adalah adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service) Tujuan dari jaringan komputer yaitu:

-Untuk Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
-Untuk Komunikasi: contohnya surat elektronik(email), instant messaging, chatting
- Untuk Akses informasi: contohnya web browsing
Penerapan Jarkom(jaringan computer)pada bidang :
1.Bisnis
Pengertian dunia bisnis adalah adanya tawar menawar suatu barang antara penjual dan pembeli,ketika dalam proses tawar menawar itu kedua pihak biasanya bertemu langsung untuk melakukan transaksi,namun dengan adanya ‘Bisnis Online(e-Commerce )’jual beli dapat dilakukan melalui internet,jadi pembeli hanya cukup melihat daftar barang yang dipajang pada website dan kemudian memesannya secara online.
pada bidang ini pengunaan jaringan computer yang lebih di gunakan oleh para pengusaha/businessman diantaranya adalah :
1.pengunaan aplikasi email untuk pengiriman surat-surat penting
2.penggunaan rekening online(paypal)pembayaran barang via online
3.pengunaan teleconfren untuk menghubungkan antara pembeli dan pemilik barang
2. Mobile Network (Mobile User)
Penggunaan Tekhnologi Mobile pada saat ini merupakan hal yang paling popular dalam kehidupan sehari-hari, Sekarang hampir semua orang punya handhone baik dari yang sederhana sampai tingkat tercanggih. Awal mula muncul hanphone itu hanya mempunyai fasilitas teks dan angka saja, namun dengan berkembangnya zaman, handphone tidak hanya berupa teks saja melainkan bisa untuk foto, bertukar gambar,chating,TV,Radio dan multimedia lainnya bahkan yang sedang ramai sekarang ini adalah penggunaan facebook, semua demi kepuasan para mobile user.
Pada bidang ini jaringan computer (jarkom) di peruntukan untuk hiburan penggunanya.seperti
• pengunaan chat (YM, Skypea,ebuddy dll)
• pengunaan sosial network (situs pertemanan,FB,FS,dll)
• download (untuk mendownload document,lagu maupun content multimedia lainnya)
• informasi lainya (browsing)
3. Rumah
Untuk penerapan jarkom dalam rumah biasanya lebih digunakan untuk penggunaan internet baik itu menggunakan modem GSM, modem CDMA ataupun pemasangan jaringan internet seperti flexi,speedy dan masih banyak lagi. Melalui internet rumah ini kita dapat bertukar informasi kepada teman,kerabat,bahkan semua orang,serta hamper seperti penggunaan jarkom pada mobile network yang bertujuan untuk multimedia seperti lagu,video,chatting,photo game online.
4. Perbankkan
Hal yang paling sering dilakukan oleh masyarakat,yaitu transaksi uang klo dulu (sebelum ada internet/jaringan) orang harus mengambil uang ya harus di banknya,namun sekarang dengan adanya kartu transaksi kita dapat mengambil uang secara tunai di cabang manapun tinggal gesek uang langsung di tangan, atau pada saat melakukan pengiriman uang kepada orang yang tempatnya berjauhan maka kita tinggal mentransfer uang dari tabungan/atm saja
pengunaan jaringan komputer di bidang perbankan sangat penting menghubungan bank dengan nasabahnya.
• memeriksa saldo Bank
• pembayaran online
• penghubung antar Bank
• transfer online
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar