Kamis, 10 November 2011

5 Momen Penting untuk Menguatkan Cinta Keluarga di Bulan Ramadhan

Allahu Akbar…Allahu Akbar, waktu yang dinantikan tiba. Sudah seharian rasanya bergelut dengan rasa lapar dan haus. Entah ini sudah hari ke berapa di bulan Ramadhan. Selalu saja, maghrib adalah saat-saat yang paling dinantikan. Nikmatnya…bisa meneguk segelas teh manis.
Apalagi, nikmatnya akan bertambah jika ada suami/ istri yang mendampingi (bagi yang sudah menikah), ada anak-anak yang turut berbuka bersama (bagi yang sudah punya anak), ada kedua orang tua (bagi yang masih punya orang tua). Nikmatnya gak ada habisnya.
Masih bisa dirasakan gak, nikmatnya bro….?
Jangan lupa lho, bersyukur kepada Allah, yang telah memberi kita kenikmatan yang banyak, terutama di bulan ramadhan ini. Masih ingat firman Allah dalam surat Ibrahim ayat ke-7? “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”.
Bulan Ramadhan, saat yang tepat untuk menguatkan jalinan cinta keluarga. Banyak momen yang sudah tersedia di bulan Ramadhan yang bisa kita manfaatkan. Diantaranya adalah:
1. Buka Puasa
Ini dia, momen spesial yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah kita jumpai selain di bulan ramadhan. Kecuali bagi Anda yang sudah terbiasa melaksanakan puasa sunnah di bulan lainnya. Momen yang sangat istimewa ini, jangan sampai terlewatkan. Apalagi, bagi Anda yang jarang berada di rumah. Luangkanlah waktu Anda, untuk bisa berbuka bersama keluarga di rumah, atau di tempat khusus lainnya.
Satu hal lagi, alangkah nikmatnya, jika ditambah dengan berbagi buka puasa dengan yang lainnya, dengan tetangga, saudara, keluarga besar, masyarakat sekitar, teman kerja, teman sekolah, teman-teman lama. Akan lebih istimewa lagi dengan kaum fakir miskin. Nikmatnya berlipat-lipat. Dan yang lebih penting, pahalanya luar biasa.
2. Shalat berjamaah
Sebenarnya, shalat berjamaah bersama keluarga bisa juga dilakukan di bulan lainnya. Namun, ada beberapa momen istimewa yang lebih mungkin, dapat dilaksanakan pada bulan ramadhan ini. Misalnya, shalat maghrib berjamaah setelah buka bersama, dilanjutkan dengan isya dan tarawih berjamaah di masjid. Sholat subuh berjamaah, setelah sahur bersama.
3. Sahur
Sahur, momen khusus di bulan ramadhan. Bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menguatkan jalinan cinta, dengan keluarga tercinta.
4. Tadarus
Tilawah Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah penting dalam bulan suci ramadhan, bulan diturnkannya Al-Qur’an. Kita bisa tadarus dengan keluarga di rumah, di masjid maupun tempat lainnya. Saling menyimak bacaan Al-Qur’an antara ayah, ibu dan anak-anak. Ada yang membaca Al-Qur’an dan yang lainnya mendengarkan dengan seksama. Sungguh, gambaran keluarga yang indah, keluarga yang dipenuhi rasa cinta, kasih dan sayang.
5. Ta’lim
Kita bisa mengikuti ta’lim atau kajian-kajian keislaman bersama dengan seluruh anggota keluarga. Bisa di majelis ta’lim, di masjid, di rumah, di kantor maupun tempat lainnya. Minimal, kita bisa menyaksikan bersama, acara-acara keislaman di televisi, yang marak di bulan ramadhan.
Anda punya pengalaman khusus, bagaimana membangun hubungan cinta dengan keluarga di bulan ramadhan? Silahkan berbagi cerita disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar